Virtual Class of Latihan Dasar Kepemimpinan Level 4

Pada hari Kamis, 29 Juli 2021 telah diselenggarakan kegiatan Virtual Class of Latihan Dasar Kepemimpinan level 4 dengan tema “Be Proactive – Be a Good Leader”. Latihan Dasar Kepemimpinan atau LDK adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Kegiatan ini merupakan Program Pembinaan Kesiswaan yang secara rutin diselenggarakan bagi para siswa-siswi di SDIT AL Haraki  sebagai modal dasar bagi para siswa untuk lebih memahami aspek-aspek kepemimpinan dan kedisiplinan untuk selanjutnya diharapkan dapat mengimplementasikan hasil pelatihan LDK tersebut dalam kegiatan proses belajar di SDIT AL Haraki.

Rangkaian kegiatan LDK Level 4 diawali dengan pembukaan oleh MC (Bapak Syarif dan Ibu Dinda) pada pukul 13.30 WIB dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an serta doa yang disampaikan oleh Bapak Hendra. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Kepala SDIT Al Haraki, Bapak Hidayat. Acara LDK pun sangat meriah dengan penyampaian materi organisasi oleh Bapak Irwanto. Dalam penyampaian materi ini Bapak Irwanto menjelaskan tujuan dari pertemuan ini yaitu umtuk mengetahui makna organisasi, mengetahui makna pemimpin dan kepemimpinan, mengetahui ciri-ciri pemimpin yang kece dan mengenal sosok pemimpin terbaik. Mengutip dari penyampaian pak Irwan, Organisasi itu ibarat sebuah mangkok bakso, “sebuah wadah atau perkumpulan orang-orang yang memiliki satu tujuan yang sama”. Setiap kita adalah pemimpin, kita adalah pemimpin yang baik.

Untuk menambah interaksi antara siswa dan pemateri, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Siswa sangat antusias terlihat dari banyak nya siswa yang mengajukan pertanyaan terkait isi materi yang telah disampaikan oleh Bapak Irwanto. Untuk lebih memacu semangat siswa dalam berorganisasi, acara dilanjutkan dengan penayangan video demonstrasi unit organisasi dan pengenalan kakak pembina unit organisasi dan ditutup dengan sesi foto bersama.

Semoga melalui kegiatan latihan dasar kepemimpinan ini, dapat membentuk karakter siswa yang memiliki jiwa kepemimpinan yang dilandasi dengan sikap keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.