Profil

SDIT AL HARAKI

 

SDIT Al Haraki sangat memperhatikan penanaman pendidikan karakter, pengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dan mengedepankan pengalaman belajar yang menyenangkan, kontekstual, dan aplikatif. Dipadukan dengan penekanan penerapan nilai-nilai islam, bimbingan baca Al Quran, dan Tahfidzul Quran, SDIT Al Haraki merupakan sekolah bagi calon pemimpin masa depan dengan akhlak kokoh yang berwawasan global dan berjiwa Indonesia.

Lulusan SDIT Al Haraki memiliki kemampuan kecakapan hidup yang meliputi kecakapan dalam bekerja sama, komunikasi, kemandirian, penyelesaian masalah dengan High Order Thinking Skill yang distimulasi dari berbagai program kegiatan sekolah dan kegiatan organisasi siswa yang dirancang secara berkesinambungan mulai dari level 1-6.

Di SDIT Al Haraki, kami bangga dapat mengembangkan kemampuan akademik dan non-akademik siswa secara seimbang serta penanaman nilai sosial dan emosional yang dibimbing dengan program karakter khas SIT Al Haraki. Strategi pengajaran dan pembelajaran yang progresif dan proaktif, dipadukan dengan kurikulum kami yang menyeluruh dan dilaksanakan oleh tenaga pendidik ahli dan berpengalaman untuk memastikan siswa siap untuk perkembangan teknologi dan globalisasi di masa depan.

Sistem Pendidikan Islam Terpadu

 

SDIT Al Haraki menerapkan sistem Full Day School dari mulai pukul 07.30 hingga 16.00 yang bertujuan untuk penerapan Kurikulum Pendidikan Nasional K-13 yang dipadukan dengan Pendidikan nilai-nilai islam dengan dirancang khusus melalui pendekatan teori kecerdasan spiritual, emosional, intelektual, dan psikomotorik. Keterpaduan pendidikan nilai-nilai Islam pada segala aspek dan unsur penunjang pendidikan ini berintegrasi dengan lingkungan yang kondusif yang menerapkan sistem sekolah ramah anak, sekolah sehat nasional dan sekolah berbudaya lingkungan. Manajamen Pendidikan SDIT Al Haraki juga telah teruji dengan berhasil memenangkan Juara 1 Lomba Budaya Mutu Sekolah tingkat Nasional. Kolaborasi antara guru, tenaga Pendidikan, kurikulum sekolah, orang tua, lingkungan dan masyarakat sekitar menjadikan SDIT Al Haraki sebagai sekolah islam terpadu kebanggaan Kota Depok.

Metodologi Pembelajaran

 

Variasi metode pengajaran yang menekankan pada siswa subyek aktif yang mencari, menemukan, mempraktekkan,hingga menyimpulkan mendorong guru untuk senantiasa inovatif hingga dapat menumbuhkembangkan kreatifitas siswa. Dengan demikian, guru tidak hanya sebagai pengelola kelas, tetapi juga dapat berperan aktif sebagai mediator dan fasilitator sehingga dapat memotivasi siswa dalam mengembangkan bakat dan potensinya secara efektif dan efisien.

Optimalisasi model pembelajaran bertujuan untuk menstimulus siswa sehingga tumbuh respon positif. Penggunaan media ajar, tempat belajar, sarana dan prasarana dimaksimalkan mulai dari lapangan, aula, perpustakaaan yang dipenuhi dengan buku-buku bacaan yang mendidik dan inspiratif, rumah kaca sebagai ajang awal perkenalan siswa agar peka terhadap lingkungannya, masjid sebagai pusat belajar dan da’wah, dan ruang komputer yang merupakan awal bagi siswa mengenal dunia luar dengan teknologi.

Pembelajaran dilaksanakan tidak hanya indoor learning tapi juga mendorong siswa dan guru untuk lebih banyak bereksperimen di luar kelas (outdoor) dengan menyesuaikan materi yang sedang disajikan oleh guru. Dengan begitu selalu menumbuhkan semangat baru bagi minat belajar siswa.

Lembaga, Keluarga dan Masyarakat

 

Melibatkan tiga unsur pelaksana, yakni keluarga, lembaga dan masyarakat. Ketiga unsur pelaksana tersebut berjalan secara sinergis. Segala aktifitas dalam lembaga ini sejak dari awal masuk sampai pulang, dikondikasikan dengan pembiasaan perilaku Islami. Demikian juga pemberian contoh atau tauladan akhlaqul karimah dari keluarga, lembaga, dan masyarakat sangatlah ditekankan. Sinergi positif dari tiga unsur inilah yang akan menjadikan pribadi anak didik yang utuh sesuai dengan ajaran Islam.

SDM Tenaga Kependidikan

 

Tenaga kependidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Haraki adalah tenaga pendidik profesional lulusan perguruan tinggi kependidikan jenjang S1 dan S2 yang diberikan pelatihan peningkatan kompetensi secara terprogram.

Target Output

 

  • Menguasai kompetensi sesuai Kurikulum Nasional dan Kurikulum SIT Al Haraki
  • Hafal 3 Juz Al Qur’an (28, 29, 30) dengan tartil
  • Nilai USBN rata-rata diatas 80,00
  • Berkarakter mandiri dan bertanggung jawab serta berjiwa kebangsaan
  • Berakhlak kokoh dan berkepribadian Tangguh
  • Mampu menjalankan ibadah harian dan memimpin dzikir setelah sholat
  • Terampil dalam mengoperasikan komputer dan mengaplikasikan dalam pembelajaran
  • Terampil dalam memainkan salah satu alat music
  • Mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Arab
  • Menghasilkan tulisan berupa karya tulis dan buku
  • Mampu mengkomunikasikan hasil karya dalam presentasi
  • Membangun pengalaman belajar siswa untuk mampu bersaing di dunia global