Learn, Love, and Life with Nature “Berpetualang Menuju Masa Depan yang Gemilang”

Learn, Love, and Life with Nature “Berpetualang Menuju Masa Depan yang Gemilang”

Itulah tema kegiatan Haraki Explore the World siswa level 1 tahun ini,

Belajar tidak selalu di dalam kelas. Program Haraki Explore the World merupakan kegiatan yang dilakukan untuk  meningkatkan wawasan ilmu pengetahuan anak terutama wawasan dan kecintaan terhadap lingkungan alam yang ada di rumah dan di sekitar kehidupan siswa.

Kegiatan ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pengenalan dan kontekstualisasi masalah di lingkungan, tahap aksi, dan tahap refleksi. Kegiatan pra acara dimulai 30 September 2023 dengan penugasan menggambar lingkungan tempat tinggalku, menuliskan permasalahan yang ada di lingkungan, touring Green house dan Taman Edukasi yang tersedia di sekolah.

Pada tahap kontekstualisasi, seluruh siswa didampingi guru menonton video tentang bagaimana menjaga lingkungan, menanam padi dan mengenal lebih jauh alam disekitarnya. Selanjutnya, tahap aksi dilaksanakan pada hari Selasa, 17 Oktober 2023 di Pelita Desa yang berlokasi di Ciseeng Kabupaten Bogor Jawa Barat.

Pada kegiatan Haraki Explore the World siswa melakukan berbagai kegiatan menyenangkan, seperti mengenal tanaman padi, menanam padi, mengenal aneka alat tradisonal yang digunakan untuk memanen padi hingga menjadi nasi, mengenal cara memerah susu sapi, permainan ketangkasan serta keseimbangan yang menantang. Di akhir kegiatan, siswa membawa pulang souvenir ikan hias yang sudah tentu menjadi pengalaman berkesan yang mengasah skill dan kemampuan.

Semoga setelah kegiatan ini, siswa memahami dampak aktivitas manusia, baik jangka pendek maupun panjang terhadap kelangsungan kehidupan di dunia maupun lingkungan sekitarnya, membangun kesadaran untuk bersikap dan berperilaku ramah lingkungan.  Sebagaimana sesuai dengan tema projek profil pelajar Pancasila yaitu “Gaya Hidup Berkelanjutan”.

.Ahmad Sharifudin, Guru SDIT Al Haraki.