Jumat Smart

Jumat Smart
“Pengembangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Menggunakan QR Code untuk meningkatkan Literasi Siswa”

Jumat Smart merupakan kegiatan rutin mingguan yang dilaksanakan di SDIT Al Haraki guna meningkatkan mutu, kualitas, dan kinerja para guru. Pada kegiatan Jumat Smart semua guru memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pemateri. Dalam kesempatan ini para guru saling berbagi dan belajar sesuai dengan tema yang ditentukan.

Jumat Smart yang dilaksanakan pada tanggal 2 Oktober 2020 sangat istimewa. Dikarenakan dalam kesempatan ini SDIT Al Haraki berkolaborasi dengan salah satu orang tua siswa yaitu Ibu Aulia Rahmawati, M.Hum selaku dosen UNJ sebagai pemateri bersama dengan rekan kerja beliau Pak Faizal Prasaja, S.Kom dengan mengusung tema “Pengembangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Menggunakan QR Code untuk meningkatkan Literasi Siswa”. Tema yang diusung sangat sesuai dengan kebutuhan guru saat ini dikarenakan saat ini masih dilaksanakannya pembelajaran jarak jauh.

Pak Faizal Prasaja, S.Kom menyampaikan beberapa kelebiahan QR Code diantaranya efisiensi waktu, kapasitas data yang lebih banyak, tipe data beragam, ukuran cetak lebih kecil, hasil cetakan lebih tahan lama, dan dapat dibaca dari segala arah atau sudut (360 derajat). Selain itu QR Code juga dapat diisi dengan berbagai jenis informasi dapat berupa teks, link URL ataupun lokasi. Sehingga penggunaan QR Code dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran yang menggunakan Google Classroom. Para guru sangat senang mengikuti pelatihan ini karena dalam pelatihan ini para guru tidak hanya mengetahui informasi tentang QR Code tetapi langsung mempraktikkan membuat QR Code.