English Training in Kampung Inggris

English Training in Kampung Inggris

Kegiatan ini merupakan program baru SDIT Al Haraki yang bertujuan tidak lain untuk meningkatkan kualitas peserta didik SDIT Al Haraki. Bekerjasama dengan sebuah lembaga pendidikan terbaik yang berada di Kampung Inggris yaitu FEE Center, kami mengadakan pelatihan bahasa Inggris selama dua pekan yang dilaksanakan pada bulan Februari bertepatan dengan pekan ujian praktik level 6.

Program perdana ini diikuti oleh 42 peserta yang seluruhnya merupakan siswa level 5 SDIT Al Haraki. Mereka sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan ini mulai dari persiapan, pemberangkatan, sampai menjalani program pelatihan di sana. Sebagian besar dari peserta baru pertama kali berpisah dengan orang tua mereka untuk waktu sekian lama.

Dengan didampingi enam orang guru, mereka berangkat dari stasiun Gambir menggunakan kereta malam menuju Kediri. Dengan menggunakan satu gerbong khusus, mereka sangat senang karena dapat bebas bermain-main dalam kereta selama perjalanan menuju Kediri. Bagi sebagian besar dari mereka hal ini juga merupakan pengalaman pertama. Tidak luput dari setiap perjalanan yang di lakukan SDIT Al Haraki yaitu muroja’ah, baik bersama-sama maupun sendiri-sendiri.

Sesampainya di stasiun Kediri pada hari minggu pukul 05.30, para tutor dari lembaga tempat mereka belajar pun sudah menanti, perjalanan dilanjutkan  menggunakan bus menuju Kampung Inggris. Mereka sudah tidak sabar ingin sampai di tujuan.

Sesampainya di Fee Center, mereka dipersilahkan untuk menuju kamar untuk kemudian mandi dan beristirahat sejenak. Kegiatan pertama yang dilaksanakan yaitu pembukaan, berisi perkenalan dan sambutan-sambutan dari lembaga dan juga pihak sekolah. Lalu siswa diperkenalkan kepada tutor yang akan mendampingi juga mengajari mereka selama di FEE Center. Para tutor tersebut mendampingi mereka full 24 jam dalam sehari, mulai dari bangun tidur, mengajari bahasa Inggris, melayani makan, sampai mereka beristirahat kembali di malam harinya. Tidak heran jika hal tersebut membuat ikatan yang cukup erat antara siswa dengan tutornya.

Jika biasanya anak-anak belajar di sekolah dari pagi sampai sore, di sana anak-anak disediakan waktu khusus untuk tidur siang. Karena mereka belajar mulai pukul 6.00 pagi sampai  pukul 9.00 malam. dan harus bangun pukul 4.00 pagi untuk salat malam dilanjutkan dengan salat subuh berjamaah. Di sana diwajibkan salat lima waktu berjamaah.

Selama 14 hari mereka di sana, tidak membuat mereka bosan sebab kegiatan belajar yang mereka jalani sungguh menyenangkan. FEE Center mengemas pembelajaran dengan baik sehingga siswa dapat kerasan belajar di sana tanpa merasa bosan. Kegiatan-kegiatan menyenangkan di sana di luar kegiatan belajar rutin antara lain Tour of Kampung Inggris (TOKI), adventure, belajar di kafe, belajar di Car Free Day, dan yang paling ditunggu-tunggu adalah English Talent Show yang merupakan puncak dari rangkaian pembelajaran bahasa Inggris mereka di sana.