Wisuda Angkatan 12 – Andalusia

Your Future is Determined By What You Start Today

SDIT Al Haraki melaksanakan wisuda virtual sekaligus pelepasan siswa-siswi level 6 angkatan 12 “ANDALUSIA” secara daring melalui aplikasi zoom meeting pada Minggu, 14 Juni 2020. Pelaksanaan wisuda virtual dilaksanakan di selasar Masjid Al Haraki yang telah dipersiapkan menjadi panggung wisuda virtual. Wisuda kali ini mengusung tema Your Future is Determined By What You Start Today.

Adapun yang hadir di sekolah saat pelaksanaan wisuda virtual ini yaitu Direktur Pendidikan SIT Al Haraki Ibu Susi P. Krisnawan, Manajemen, Ketua komite, serta Bapak Ibu Guru SDIT Al Haraki yang hadir sebagai panitia dalam acara tersebut. Sedangkan para wisudawan mengikuti kegiatan wisuda dari rumah masing-masing melalui aplikasi zoom meeting. Seluruh petugas dan anggota prosesi yang hadir di sekolah menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Saat pelaksanaan wisuda virtual, para wisudawan memakai seragam wisuda dan medali yang telah dibagikan sebelumnya oleh pihak sekolah. Tampak wajah para wisudawan sangatbahagia saat memasuki ruang virtual zoom meeting dengan mengenakan seragam wisuda bernuansa biru dengan ditemani oleh Ayah dan Bunda.

Pada acara wisuda virtual angkatan 12 “ANDALUSIA” SDIT Al Haraki, dimulai dengan registrasi menggunakan Google Form. Kemudian acara wisuda virtual dibuka oleh MC pada pukul 09.00. Setelah acara wisuda virtual dibuka, selanjutnya adalah pembacaan murrattal quran oleh Ananda Salwa Anas Qismika dan pembacaan doa oleh Bapak Hadian Tirta, S.Ud. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala SDIT Al Haraki  yaitu Bapak Hidayat, S.Pd.I. dengan sangat khidmat. Di akhir sambutannya, Pak Hidayat, S.Pd.I. menunjukkan hasil karya tulis siswa-siswi level 6 dalam program Gemarak yang telah diterbitkan dalam bentuk buku. Setelah sambutan dari Kepala SDIT Al Haraki,  dilanjutkan sambutan oleh Ibu Direktur Pendidikan SDIT Al Haraki yaitu Ibu Susi P. Krisnawan, Perwakilan Komite SDIT AL Haraki yang saat itu diwakiti oleh Bapak Rahman Wirajaya, S.T. dan sambutan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok yaitu Bapak H.Mohamad Thamrin, S.Sos,MM.n Di tengah-tengan acara sambutan, ditampilkan hiburan dari persembahan siswa level 5 yaitu ananda Shafa, Foni, dan Aulia menyanyikan lagu Alhamdulillah dan lagu Heal The World.

Acara kemudian dilanjutkan yaitu prosesi wisuda siswa-siswi level 6 yang secara simbolis dilakukan pengalungan medali dan pemberian map ijazah oleh Direktur Pendidikan dan Kepala Sekolah kepada Wali Kelas dan Asisten Wali Kelas. Kemudian dilanjutkan menyebutkan 123 nama siswa-siswi angkatan 12 “ANDALUSIA” dan disorot satu per satu di aplikasi zoom meeting.

Setelah prosesi wisuda, dibacakan siswa-siswi berprestasi bidang akademik dan non akademik oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan. Adapun kategori prestasi bidang akademik yaitu, the best dilligent, the best tahfidz, the best achievement academic, the best literacy, dan peringkat terbaik satu sampai tiga nilai rata-rat rapot.

 Sedangkan kategori prestasi bidang non akademik yaitu, the best attitude, the best worship, the best friendship, the best leadership, the best famous, dan the best achievement non academic.

Setelah pembacaan siswa-siswi berprestasi, acara dilanjutkan dengan pemutaran video kilas balik perjalanan siswa-siswi level 6 mulai dari level 1 hingga berakhir di level 6. Para wisudawan menyaksikan video kilas balik dengan wajah yang beragam, ada yang bahagia maupun sedih karena harus berpisah.

Wisuda Virtual kemudian dilanjutkan dengan penyerahan kembali siswa level 6 secara simbolik dari sekolah kepada orang tua. Untuk prosesi penyerahan secara simbolik diwakili oleh Kepala SDIT Al Haraki yang mengembalikan Ananda Aqila Siti Rahmatia kepada kedua orang tuanya.

Kemudian pembacaan pidato perpisahan dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Dalam bahasa Indonesia dibacakan oleh ananda Izzan Nafis Adhsyaksa dan dalam bahasa Inggris dibacakan oleh Ananda Keisha Aquilla Saputra. Serta pembacaan ikrar janji alumni oleh Ananda Muhammad Wafiq Marsal. Rangkaian kegiatan wisuda virtual ditutup dengan persembahan dari para wisudawan berbentuk video nyanyian bersama teman-temannya. Ada lagu Sampai Jumpa, Kepompong, Monokrom, dan Guruku Inspirasiku. Tidak hanya itu, wisuda virtual resmi ditutup dengan MC yaitu Bapak Kurniadi Sudrajat dan Ibu Nofita Pangestuti, S.Pd. dengan berfoto bersama para wisudawan melalui aplikasi zoom meeting.

Persembahan Wisuda Kelas Qiblatain
Persembahan Wisuda Kelas Quba
Persembahan Wisuda Kelas Al Aqsho
Persembahan Wisuda Kelas Al Quds
Dokumentasi