Tingkatkan Kemampuan Diri Di Kala Covid-19 Melanda

Covid 19, begitu mendengar kata tersebut kita semua langsung menunduk memuji kebesaran Allah yang sudah menciptakan salah satu makhluknya yang dapat membuat manusia dari seluruh penjuru bumi berhati-hati menjaga kesehatan. Bukan sebuah senjata ataupun manusia bertubuh besar, melainkan virus yang berukuran nano. Semua kalangan sedang berjuang melawan virus ini, mulai dari membatasi aktifitas di luar rumah, menggalakan perilaku hidup bersih dan sehat, hingga melalukan sosial distancing. Oleh karena itu, sekolah sebagai tempat menimba ilmu pun terkena dampaknya sehingga pembelajaran dilakukan dengan jarak jauh atau yang lebih dikenal dengan PJJ.

            PJJ ini mendorong kita sebagai guru untuk tetap memberikan pengajaran walau tidak berhadapan langsung dengan murid. Kreativitas sangat dikedepankan dalam menyajikan pembelajaran-pembelajaran yang menarik bagi siswa-siswi di rumah sehingga ilmu yang didapat semakin bertambah dan dilakukan dengan menyenangkan. Menuntut ilmu tanpa batas waktu dan usia. Bukan hanya murid, guru juga butuh ilmu-ilmu baru agar dapat mentranfernya ke murid. Tentunya kita sebagai pendidik ingin terus belajar dan belajar. Seperti  yang dikatakan oleh Bapak Soekarno (1901-1970) presiden pertama Indonesia, “Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.”  

SDIT Al Haraki dibawah naungan Yayasan Akbar, pada kesempatan kali ini mewadahi para guru dan tenaga kependidikan untuk upgrading diri dalam bentuk pelatihan berjudul “Tetap Produktif saat Covid Melanda” yang dibawakan oleh Bapak Ukim Komarudin selaku motivator kami pada hari Senin, 27 April 2020 melalui interaksi jarak jauh pada aplikasi Zoom Meeting dari rumah masing-masing. Pelatihan dimulai pukul 10.00 WIB, diawali dengan doa bersama. Peserta pelatihan  adalah para guru dan tendik SDIT Al Haraki sejumlah 73 orang. Pelatihan ini diadakan guna menambah ilmu dan semangat para guru dan tendik dalam menghadapi masa PJJ. Bapak Ukim menghimbau, “Dalam menyerap segala informasi yang ada kita harus rekonstruksi dan refleksi agar menjadikan diri lebih cerdas, kreatif, dan lebih berkualitas…” (dalam Ukim Komarudin, Pelatihan Tetap Produktif saat Covid Melanda, 2020). Pada kesempatan kali ini Bapak Ukim menyampaikan tentang dasar-dasar pemikiran seseorang tentang pekerjaan terbagi menjadi tiga yaitu: job, career, and calling.

Diakhir pelatihan beliau menyampaikan bawa kita harus percaya bahwa profesi guru merupakan profesi baik yang sedang menjalankan misi Tuhan, agar kita berpikir lebih optimis dari pada realistis, dan saling  bergandengan tangan dalam satu wadah yaitu SDIT Al Haraki. Sesi terakhir sebelum penutupan diberi kesempatan bagi guru untuk mengajukan pertanyaan. Kegiatan berakhir tepat pukul 12.00 WIB. Dari kegiatan tersebut menunjukkan bahwa jarak tak menjadikan halangan untuk kita menimba ilmu, mengupgrading diri agar hidup kita semakin bermanfaat. Karena Rasulullah bersabda “Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”.