TASMI DAN MUNAQASAH AL QURAN JUZ 26-30 SDIT AL HARAKI TP. 2022/2023

Kegaiatan Tasmi dan Munaqasah ini merupakan kali kedua diadakan, setelah tahun lalu diadakan kegiatan yang sama. Kegiatan ini diawali dengan melihat dari kemampuan siswa-siswi yang sudah berhasil melampaui target hafalan juznya dan membuka pendaftaran bagi seluruh siswa yang ingin mengikuti Tasmi Quran. Kemudian siswa-siswa yang berhasil menyelesaikan hafalan juznya, akan diujikan hafalannya di depan tim Al-Qur’an SDIT Al Haraki. Adapun indikator untuk siswa yang akan diujikan adalah yang memiliki hafalan full 1 juz dan memiliki hafalan dengan bacaan yang tartil. Jumlah siswa yang mendaftarkan diri mengikuti Tasmi adalah sebanyak 30 siswa.

Setelah proses pengecekan bacaan, kemudian siswa siswi yang masuk kategori tartil akan mengikuti pembinaan Al-Qur’an dengan para pembina dengan durasi pembinaan ± 2 minggu. Total siswa yang berhasil melanjutkan ke tahap pembinaan yaitu sebanyak 25 siswa. Kemudian dalam tahap pembinaan, ada 24 siswa yang lolos untuk mengikuti Tahapan Tasmi. Jumlah ini meningkat dibangingkan tahun lalu yang terdiri atas 15 siswa. Pada Tahapan Tasmi ini peserta akan diujikan kembali bacaan terbaiknya (Dimana siswa terpilih membacakan 1 juz full tanpa melihat dan dapat didengarkan oleh seluruh hadirin). Bacaan juz yang dibaca siswa adalah hafalan juz terakhir yang berhasil siswa hafalkan.

Acara Tasmi ini  diadakan secara live melalui Zoom Meeting pada tanggal 19 November 2022. Acara dimulai pukul 08.00, peserta tasmi dibagi ke dalam sebelas breakoutroom, tiap breakoutromm zoom terdapat dua peserta yang terbagi menjadi dua sesi. Acara Tasmi ini selesai pukul 11.00,ditutup dengan sesi foto bersama di masjid.

Selanjutnya, tanggal 26 November 2022 adalah kegiatan Munaqasah. Peserta Tasmi  akan di uji hafalannya oleh para hadirin yang hadir langsung di masjid maupun yang hadir secara online via Zoom. Setelah sesi munaqasah selesai, ada penguatan atau pemberian motivasi yang disampaikan oleh kepala sekolah SMPIT Al Haraki yaitu Bapak Chairullah.

Pada moment ini juga orangtua memberikan reward kepada ananda peserta Tasmi atas usaha yang luar biasa dalam menghafal Al Quran. Pihak sekolah memberikan plakat serta sertifikat sebagai reward atas pencapaian siswa/i peserta tasmi. Acara ini begitu khidmat, menyaksikan siswa-siswi Al Haraki mampu menghafal Al Quran melebihi target di kelasnya. Semoga kegiatan ini bisa memotivasi kita semua untuk senantiasa dekat dengan Al Quran dan mampu menghafal KalamNya. Aamiin.