Tahfidz Camp

Kegiatan Tahfidz Camp merupakan program baru SDIT Al Haraki yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas peserta didik Al haraki dalam menghafal Al Quran. SDIT Al Haraki bekerja sama dengan Tim Tahfidz Camp dari PTIQ Jakarta sejumlah  5 orang tutor. Kami mengadakan program hafalan Quran selama 1 pekan yang dilaksanakan pada tanggal 17 – 23 Desember 2019 di Cisarua Bogor. Dalam program ini peserta akan mendapatkan beberapa materi yaitu Tahsin ( Perbaikan bacaan Alquran), Tahfidz  (hapalan Alquran), Pembinaan Akhlak  dan Pembinaan kemandirian.

Program ini diikuti oleh 77 peserta yang merupakan gabungan siswa level 5 dan level 6 SDIT Al Haraki.  Ada 14 guru yang turut serta mendampingi anak – anak dalam kegiatan tersebut.  Rombongan peserta Tahfidz Camp berangkat pada tanggal 17 Desember 2019 menggunakan transportasi sekolah. Pemberangkatan dimulai dengan pemberian arahan di masjid SDIT Al Haraki lalu pembagian kelompok pada masing – masing mobil. Pelepasan keberangkatan sangatlah haru karena sebagian besar dari mereka tidak pernah berpisah dengan orang tua dalam waktu yang cukup lama. Anak – anak terlihat sangat antusias menjalankan kegiatan ini, mereka bekerja sama dengan orangtua mempersiapkan segala kebutuhan selama kegiatan Tahfiz Camp berlangsung.

Setiba di tempat dilaksanakan kegiatan Tahfidz Camp , para peserta berkumpul untuk beristirahat sejenak lalu dilanjutkan dengan pemberian sambutan – sambutan dan perkenalan dari para tutor yang akan mengajari mereka selama sepekan kedepan,  dilanjutkan dengan pembagian kelompok kamar dan arahan kegiatan yang akan berlangsung oleh guru pembimbing Tahfidz Camp. Setelah diberikan arahan oleh para guru pembimbing, para peserta bergegas mengambil barang bawaan mereka dan disimpan di kamar masing – masing sesuai kelompoknya.  Anak – anak dituntut untuk bisa belajar bertanggung jawab mengatur barang – barang pribadinya dan bekerja sama menjaga kerapihan dan kebersihan masing – masing kamar.

Selama Satu pekan kedepan para peserta bangun pukul 03.30 pagi  untuk solat malam, murojaah dan dilanjutkan solat subuh berjamaah. Para peserta Tahfidz Camp mendapatkan kegiatan pembelajaran 5 Halaqoh per harinya . Kegiatan Halaqoh ada yang dilakukan di dalam vila ada juga yang diluar vila disesuaikan dengan kondisi cuaca dan bertujuan supaya anak – anak mendapatkan suasana baru setiap harinya sehingga semangat untuk menghafal terus bertambah.  Adapun kegiatan halaqoh yang dikemas dalam bentuk fun games sehingga anak – anak tidak bosan dan belajar Alquran jadi menyenangkan. Berbeda hal nya dengan di sekolah, ada beberapa kegiatan menyenangkan di luar jam halaqoh antara lain senam , lari pagi,  berenang , Fun Games dan Pergi ke kebun teh.  Mereka diwajibkan tidur siang setiap harinya , mengingat kegiatan mereka yang sangat padat hingga saatnya istirahat malam pukul  21.30.

Kegiatan Tahfidz Camp di hari terakhir ditutup dengan pergi berwisata ke Jungle Land di Sentul Bogor. Kegiatan penutup ini bertujuan untuk memberikan reward bagi para peserta tahfidz camp karena sudah berusaha memberikan usahanya dengan maksimal dalam mengikuti program Tahfidz Camp selama satu pekan terakhir.