Sharing Session With Native Speakers For Level 4 SDIT Al-Haraki T.P. 2021/2022

Kegiatan “English Sharing Session with Native Speaker for Level 4 SDIT Al-Haraki” alhamdulillah telah dilaksanakan pada Jumat, 18 Februari 2022. Kegiatan ini merupakan kerjasama SDIT Al-Haraki dengan Mentari Group, yang merupakan publisher buku Big Show yang digunakan oleh SDIT Al-Haraki untuk mata pelajaran Bahasa Inggris. Kegiatan ini dipandu oleh Ms. Anni Rachmayani selaku guru Bahasa Inggris Level 4, Mr. Portus Rosén sebagai narasumber, dikoordinasikan oleh bapak dan ibu guru Level 4, serta dihadiri oleh Pak Kamal dan Pak Fahmi dari Mentari Group, dan disambut meriah oleh siswa-siswi Level 4 SDIT Al-Haraki

Pada kegiatan Sharing Session ini, Mr. Portus mengajarkan siswa-siswi Level 4 tentang kosakata job (pekerjaan), dan expression of telling the dream job and its reason (ungkapan menanyakan dan memberitahu pekerjaan impian dan alasannya) dengan menggunakan grammar ‘infinitives-to’. Semua siswa-siswi Level 4 dengan gembira dan menyimak pembahasan yang disampaikan oleh Mr. Portus. Sampai kepada sesi untuk practice, semua siswa menunjukkan antusiasnya dengan secara inisiatif mengajukan diri untuk memberitahu pekerjaan impiannya serta alasannya, dan secara berani dan percaya diri menggunakan Bahasa Inggris. “I want to be a biologist, because I want to learn more about animals and plants”, tutur Tiara Azzahra Putri Permana siswi Level 4 Jaronah, yang direspon dengan baik oleh Mr. Portus. Begitu pula saat sesi tanya jawab dimana semua siswa-siswi Level 4 diberikan kesempatan untuk memberikan pertanyaan kepada Mr. Portus diluar materi yang diberikan. Seperti ananda Elica Naia Amalia siswi Level 4 Multazam yang mengajukan pertanyaan, “Do you like live here in Indonesia and what do you like the most about Indonesia, sir?”. Serta dijawab dengan excited oleh Mr. Portus, “Yes, I do like live in Indonesia. Indonesia is really nice. Meeting people like you is so fun. All Indonesian are so nice and kinds to me. I love it, and I really have good friends here too. I like that the weather here is warm, because where I come from is very cold. So, I like it and that’s nice because I don’t get cold. Then, what I like the most about Indonesia is probably how friendly people are, I like when people smile at me and say hello to me when I walked by, they’re so kind, that is nice.”

Kegiatan “Sharing Session with Native Speaker for Level 4” diakhiri dengan sepatah kata oleh Pak Fahmi, selaku perwakilan dari Mentari Group, “Terimakasih kepada SDIT Al-Haraki yang telah memfasilitasi, dan selamat juga kepada adik-adik kelas 4 SDIT Al-Haraki yang sudah mendapatkan pengalaman untuk diskusi ataupun belajar dengan native speaker yaitu Mr. Portus. Semoga pengalaman ini berharga untuk teman-teman, dan semangat untuk belajar Bahasa Inggris, semoga menjadi pengalaman dan skill yang baik yang bisa diterapkan  dimasa depan adik-adik semua. Terimakasih banyak”. Akhir kata, semoga kegiatan ini dapat memberikan pengalaman dan kesempatan yang berharga bagi siswa-siswi Level 4, serta tidak hanya untuk melatih kemampuan berbicara Bahasa Inggris, namun juga untuk melatih keberanian dan kepercayaan diri siswa. Ucapan terimakasih kami haturkan untuk Mr. Portus Rosén, Mentari Group, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SDIT Al-Haraki, bapak dan ibu guru Level 4, serta seluruh siswa-siswi Level 4, sehingga kegiatan Sharing Session ini dapat berjalan dengan baik.

Penyusun: Anni Rachmayani, S.Pd