Selamat Hari Buku Sedunia, Yuk Baca Buku Melalui e-book

Selamat Hari Buku Sedunia, Yuk Baca Buku Melalui e-book

Pada 1995, Organisasi PBB untuk Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan (UNESCO) menetapkan 23 April sebagai Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia.

Penetapan ini merupakan penghormatan kepada para penulis besar dunia, di antaranya William Shakespeare dan Miguel de Cervantes. Dua tokoh dalam bidang sastra dan literasi ini meninggal pada tanggal yang sama, 23 April 1616.

UNESCO menetapkan hari buku sebagai bentuk mempromosikan kegemaran membaca, penerbitan, serta hak cipta. Hari Buku Sedunia dirayakan dengan tujuan menggalakkan minat baca, khususnya dikalangan anak muda, agar menemukan kesenangan dalam membaca dan menghargai orang-orang yang sudah berkontribusi dalam memajukan kehidupan sosial dan budaya umat manusia.

Dalam membaca buku terdapat buku cetak dan buku elektronik (e-book)

Teman –teman sudah tahu belum apa itu e-book? Sudah pernah dengar belum?

Kalau belum, yuk kita bahas bersama!

Buku Elektronik (e-book)

Buku digital atau buku elektronik disingkat dengan e-book atau ebook adalah bentuk digital dari buku cetak. Buku cetak pada umumnya terdiri atas setumpuk kertas jilid yang berisi teks atau gambar. Maka buku elektronik berisikan informasi digital yang dapat berisi teks, gambar, audio, video.

Aplikasi android yang Menyediakan Sumber Bacaan (e-book)

  1. iPusnas, merupakan aplikasi android yang basisnya dari Perpusnas (Perpustakaan Nasional). Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dirancang bak perpustakaan sungguhan melaui fitur-fiturnya. Tapi, sebelum meminjam ebook iPusnas teman-teman harus mendaftar dulu ya sebagai anggota.
  2. Epic, aplikasi ini emang epic banget lho, buat anak-anak. Aplikasi ini dibuat khusus dibuat untuk anak-anak usia 12 tahun kebawah. Epic ada 2 versi, yaitu: epic for the home (untuk anak-anak) dan epic for the educators (untuk orangtua/pengajar anak-anak). Ebook ini disediakan dalam bahasa Inggris. Namun kosakatanya ngak terlalu sulit dan mudah dipahami dan dilengkapi dengan gambar yang menarik anak-anak.
  3. Candil, adalah official e-library milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Untuk memulai membaca teman-teman harus mendaftar terlebih dahulu atau login menggunakan email. Dan setelahnya aplikasi dapat digunakan. Banyak terdapat bacaan anak-anak dan cerita dari Jawa Barat.

Mari membaca buku melalui ebook (buku elektronik) maupun buku cetak.

Jika buku adalah adalah jendela dunia, maka membaca adalah kuncinya. Jadi, sudah berapa buku yang teman-teman baca selama belajardirumah? Selamat Hari Buku Sedunia, Mari tingkatkan Literasi Baca.