Selamat Hari Air Sedunia

Selamat Hari Air Sedunia

Hari Air Sedunia (World Water Day) adalah perayaan yang ditunjukkan sebagai usaha-usaha menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih dan usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan.

Hari Air Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret, inisiatif peringatan ini di umumkan pada Sidang Umum PBB ke-47 tanggal 27 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brasil.

Air adalah Sumber Kehidupan. Maka dari itu kita harus bijak dalam menggunakan air, gunakanlah air sesuai kebutuhan.

Yuk simak, berikut cara-cara menghemat penggunaan Air dalam kehidupan sehari-hari:

  • Berhemat saat sikat gigi

Saat kita menyikat gigi, sebaiknya matikan air yang mengalir, bisa menampung air untuk berkumur, hal ini bisa mengurangi dalam penggunaan air yang berlebihan

  • Berhemat saat Mandi

Tak hanya sikat gigi, saat mandi juga kita harus menghemat air. Apabila saat kita mandi menggunakan air pancuran, kita bisa mematikan pancurannya sejenak ketika keramas atau sabunan. Untuk menyelesaikan keramas dan sabunan, barulah menyalakan lagi airnya. Hal ini dilakukan agar air tidak terus mengalir sepanjang waktu mandi.

  • Berhemat Menyiram Tanaman

Tanaman membutuhkan air untuk bertahan hidup, namun kebutuhan air untuk tanaman bisa dihemat dengan menggunakan sisa air untuk menyiram tanaman. Selain itu sebaiknya siram air saat pagi atau sore hari, agar air tidak cepat menguap karena paparan sinar matahari. Menampung air hujan juga bisa menjadi solusi yang dapat dilakukan untuk menyiram tanaman.

  • Memperbaiki Pipa Bocor

Kebiasaan yang sederhana tapi cukup berefek besar yakni membetulkan saluran air, pipa atau keran yang bocor. Ini menghentikan air yang terbuang sia-sia dan terus menerus. Dan jika air sudah tidak digunakan sebaiknya tutup keran dan pastikan tertutup dengan sempurna agar tidak ada tetesan air yang terbuang.

  • Matikan Keran kalau sudah tidak dipakai

Air yang dikeluarkan sia-sia tentu saja akan membuat tagihan listrik kita menjadi membengkak. Selain itu, hal itu tentu saja bisa membuat kelestarian air terancam. Untuk itu gunakanlah air secukupnya.