Readathon Seru di SDIT Al Haraki

Readathon Seru di SDIT Al Haraki

“Membaca Jendela Dunia, Membaca Sumber Inspirasi..”

Demikian sepenggal lirik dari lagu Mari Membaca yang merupakan karya ciptaan Bapak Suwita Frasta/Ibu Dewi Hartati dan sering didendangkan siswa. Dengan membaca, insyaAllah pandangan siswa serta wawasan mereka akan terbuka.

Dalam upaya untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajar yang warganya literat sepanjang hayat serta menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pemberdayaan ekosistem literasi sekolah, diadakanlah kegiatan Readathon (Reading Marathon) pada Senin, 28 November 2022.

Seluruh siswa telah membawa buku cerita dari rumah, yang akan mereka baca nantinya saat Readathon. Setelah Bu Dhea selaku MC membuka kegiatan dan mempersilakan siswa mulai membaca, suasana langsung hening karena semua larut dalam bacaannya masing-masing.

Kegiatan Readhaton merupakan kegiatan membaca yang dilakukan secara bersama-sama dalam keadaan hening tanpa adanya suara. Berbeda dari biasanya di mana siswa melakukan kegiatan silent reading saat morning activity di kelas masing-masing.

Kegiatan yang berlangsung sekitar 20-30 menit ini juga memiliki sesi dialog dengan meminta siswa untuk hadir di depan menceritakan kembali bacaan yang telah dibacanya. Selain menceritakan langsung mengenai isi buku yang telah dibaca, pada kesempatan berikutnya siswa juga diminta untuk mereview buku dengan teknik AIH/Fishbone/menulis resensi.

Setelah kegiatan review selesai, dilanjutkan dengan pemberian penguatan atau motivasi oleh Bapak Hidayat selaku kepala Sekolah SDIT Al Haraki untuk terus meningkatkan kegiatan literasi, khususnya dalam hal membaca. Setelahnya, kegiatan Readathon ditutup dengan sesi foto bersama.

Hampir seluruh siswa antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut, begitu pula dengan Bapak Ibu Guru yang turut mendampingi sembari membaca.