POTM & Seminar Parenting Level 4

POTM & Seminar Parenting Level 4

Di penghujung bulan Juli 2021, tepatnya pada hari Sabtu tanggal 31 Juli 2021, level 4 melaksanakan Pertemuan Orang Tua Murid dan Seminar Parenting. Acara yang berpusat di Studio 1 SDIT Al Haraki ini mengangkat tema yang sangat menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa level 4, yaitu “Membentuk Siswa Menjadi Pribadi yang Independen, Bertanggung Jawab, dan Bahagia”.

Kegiatan yang diadakan oleh manajemen SDIT Al Haraki ini, bukan hanya sebagai sarana penyampaian informasi dari sekolah kepada orang tua siswa saja, namun juga menjadi ajang silaturahmi antar seluruh komponen sekolah baik manajemen, guru, dan orang tua murid level 4 guna membangun hubungan dan komunikasi baik antara komponen sekolah dengan orang tua.

Acara POTM Level 4 ini dipandu oleh MC yaitu Bapak Kurniadi Sudrajat dan dimulai pada pukul 08.00 WIB. Kegiatan diawali dengan pembacaan tilawah oleh Bapak  Ahmad Jurin dan dilanjutkan dengan kata sambutan oleh kepala sekolah Bapak Hidayat, S.Pd.I. Dalam sambutannya, Pak Hidayat memaparkan visi dan misi sekaligus budaya yang ada di lingkungan SDIT Al Haraki. Tidak lupa pula, beliau menyampaikan mengenai pembelajaran di era pandemi yang tentunya korelasinya juga sangat erat dengan peran orang tua dalam mendampingi belajar siswa secara daring.

Semangat para orang tua murid semakin bertambah saat acara tiba pada bagian inti kegiatan yaitu Seminar Parenting yang diisi oleh Narasumber Bapak Setiyo Iswoyo, S.IP. Dipandu oleh Bu Yenni Yulizar selaku moderator, seminar yang mengangkat tema “Membentuk Siswa Menjadi Pribadi yang Independen, Bertanggung Jawab, dan Bahagia” ini cukup meningkatkan antusiasme orang tua murid. Hal ini semakin terlihat dengan partisipasi orang tua murid yang aktif menanggapi materi yang disampaikan melalui fitur chatbox maupun dengan bertanya secara langsung.

Dalam pemaparannya, Bapak Iswoyo menjelaskan kepada orang tua bahwa banyak tantangan-tantangan yang akan dirasakan baik oleh orang tua, guru, maupun siswa saat belajar secara daring atau PJJ. Untuk itu, penting adanya kerjasama antara orang tua, guru dan pihak sekolah. Sehingga semua pihak bisa saling bersinergi demi mencapai hasil pembelajaran yang maksimal bagi siswa.

Selain itu Pak Iswoyo juga mengajak seluruh pihak untuk menyamakan persepsi diantaranya dengan membangun komitmen dan saling memahami jika menemui suatu kendala. Hal ini dikarenakan kondisi pembelajaran daring saat ini tidak hanya dirasakan oleh SDIT Al Haraki saja melainkan juga 91% komunitas sekolah dan orang tua di seluruh dunia yang terdampak pandemi. Sehingga diharapkan jika ditemukan kendala saat pembelajaran, kita dapat mencari solusi bersama-sama serta membangun komunikasi yang efektif.

Di akhir sesinya, Pak Iswoyo mengingatkan bahwa anak yang merdeka adalah anak yang memiliki rasa nyaman. Selain itu, hal yang terpenting adalah fokus pada proses dan bukan hasil karena setiap anak memiliki kemampuan dan keunikan yang berbeda-beda. Tak lupa beliau juga menyampaikan bahwa hendaknya kita menjadi orang yang penuh rasa syukur dan terimakasih dan selalu “merasa sedikit saat memberi, merasa banyak saat menerima”.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dan penjelasan kegiatan di Level 4 oleh Wakil Kepada Sekolah Bidang Humas, Ibu Siti Muchlisoh, M.Pd. Setelah pemaparan kegiatan level 4, acara POTM dan Seminar Parenting ini ditutup dengan silaturahmi perkelas melalui fitur breakout room. Disini, orang tua murid diarahkan untuk menuju breakout room sesuai kelas anandanya masing-masing agar dapat bersilaturahmi dan mengenal lebih dekat bapak ibu guru wali kelas dan asisten wali kelas masing-masing.