Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia dalam Balutan Acara Haraki Merdeka 77 di SDIT Al-Haraki

Pada tanggal 17 Agustus 1945, rakyat Indonesia dapat mewujudkan cita-cita bersama yaitu meraih kemerdekaannya dari belenggu penjajahan dan segala bentuk penindasan, ditandai dengan diproklamirkannya Kemerdekaan Indonesia oleh Ir. Soekarno dan Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia.

Sejak saat itu, 17 Agustus diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia di setiap pelosok negeri dan di seluruh penjuru nusantara, rakyat Indonesia bereuforia menyambut dan merayakan hari kemerdekaan RI, ditandai dengan adanya upacara bendera, perlombaan, pemasangan pernak-pernik kemerdekaan dan bendera merah putih di setiap sudutnya, untuk mengingat dan memaknai kemerdekaan Indonesia.  

Berdasarkan pemikiran di atas, SDIT Al-Haraki sebagai suatu wadah yang ikut serta dalam mewujudkan Tujuan Nasional yaitu “Mencerdaskan kehidupan bangsa” , mengadakan acara bertajuk Haraki Merdeka 77 dengan tema “Semangat dalam Berkompetisi, Merdeka bersama Al-Haraki” pada tanggal 18 Agustus 2022, sebagai sebuah upaya untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia sebagai PHBN (Peringatan Hari Besar Nasional).

Haraki Merdeka 77 penuh dengan berbagai kegiatan, perlombaan dan permainan tradisional khas 17 Agustus yang menyenangkan, serta diikuti oleh seluruh seluruh warga SDIT Al-Haraki, baik siswa/i, guru dan karyawan. Kemudian, kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kembali jiwa nasionalisme dan patriotisme, semangat kemerdekaan, jiwa berkompetisi, kemampuan bekerjasama, dan sikap sportifitas baik siswa/i, guru dan karyawan SDIT Al-Haraki.

Acara Haraki Merdeka 77 terselenggara dengan sangat meriah, dengan banyak perlombaan yang nyatanya membutuhkan proses yang cukup panjang. Perlombaan tradisional khas 17 Agustus terbagi menjadi dua, yaitu lomba wajib dan lomba regu. Di mana pada lomba wajib solo, siswa/i memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti babak penyisihan yang bertempat di kelas. Kemudian, akan ditentukan dua terbaik (putra dan putri) dari setiap kelasnya dengan instrumen penilaian yang telah ditentukan oleh wali kelas dan asisten wali kelas di kelas dari tanggal 8–16 Agustus 2022, hingga melaju ke babak final pada Puncak Haraki Merdeka 77 pada tanggal 18 Agustus 2022.

Lomba wajib solo diantaranya adalah menyanyikan lagu Garuda Pancasila untuk siswa Level I, Lomba Pembacaan Teks Pancasila untuk siswa Level II, Pembacaan Naskah Proklamasi untuk siswa Level III, Deklamasi Puisi untuk siswa Level IV, Pidato Kepahlawanan untuk siswa Level V, dan Menulis Essay bertemakan ‘Pahlawan Masa Kini’ untuk siswa Level VI. Kemudian, ada pula lomba regu yang melibatkan seluruh siswa di kelas masing-masing, yaitu lomba menangkap belut yang ditujukan untuk putra Level I dan II, estafet sarung untuk putri Level I dan II, lomba estafet piring ping pong untuk putri Level III dan IV, serta lomba tarik tambang untuk putra Level III, IV, V, dan VI pada Puncak Haraki Merdeka 77.

SDIT Al-Haraki juga menyelenggarakan fashion show bertajuk Haraki Fashion Week (HFW) bertema SCBD (Sekolah Cemerlang di Belimbing Depok) dengan memeragakan baju khas pahlawan Indonesia dan memproklamirkan slogan pahlawan tersebut. Contohnya, siswi yang mengenakan pakaian RA. Kartini akan mengumandangkan slogan khas beliau berbunyi, “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Alhamdulillah, kegembiraan dan kebahagian dirasakan oleh banyak siswa/i SDIT Al-Haraki selama mengikuti rangkaian kegiatan Haraki Merdeka 77. Salah satu siswi Level 5 Tiara Azzahra Putri Permana yang merupakan juara 1 lomba Pidato Kepahlawanan mengungkapkan, “Saya senang karena perayaan kemerdekaan ke-77 di sekolah kali ini sangat menggembirakan, penuh kemeriahan dan sukacita. Hal yang paling berkesan adalah ketika saya bisa berpidato secara langsung dihadapan guru dan teman-teman. Saya juga sangat senang ketika saya diumumkan menjadi juara pertama dan tentunya ini akan menjadi memori yang luar biasa. Selamat untuk SDIT Al-Haraki tercinta, atas kemeriahan dan kesuksesan menyambut ulang tahun Indonesia. Semoga di tahun-tahun berikutnya, perayaan Haraki Merdeka bisa lebih meriah dan sukses”.

Kegembiraan juga digambarkan oleh siswa Level 1 Muhammad Fathan Aqila yang baru pertama kali mengikuti kegiatan Haraki Merdeka, “Acaranya bagus dan seru. Aku senang ikut lomba belut, saat pegang belut aku tidak takut dan aku berani memegangnya. Aku harus pegang kepalanya biar tidak terlalu licin, dan aku cari yang besar karena lebih gampang dibanding yang kecil, dan aku harus cepat biar ember di sana (garis finish) cepat penuh”.

Selain itu, Bapak Ibu guru serta karyawan SDIT Al Haraki juga ikut berlomba yaitu melingkupi perlombaan bowling dan bola tangan untuk ibu guru dan karyawan, serta bola tangan dan tarik tambang untuk bapak guru dan karyawan. Perlombaan ini diharapkan dapat mendekatkan dan memupuk rasa persaudaraan, jiwa sportifitas, semangat bekerjasama, dan membiasakan bapak dan ibu guru SDIT Al Haraki berolahraga.

Disusun oleh Anni Rachmayani, S.Pd.