Penjaringan Kesehatan di SDIT Al Haraki

Senin, 02 September 2019, SDIT Al Haraki bekerjasama dengan Puskesmas Pancoranmas melakukan kegiatan program Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM), penyuluhan kesehatan gigi dan mulut serta penjaringan kesehatan.

Program Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) ini dalam bentuk pemberian obat cacing (albendazole) dengan sasaran seluruh siswa-siswi SDIT Al Haraki. Anak yang terbebas dari infeksi cacing, tubuhnya lebih baik dalam menyerap makanan dan meningkatkan status gizi, sehingga mempengaruhi perkembangan kemampuan kognitif,afektif serta psikimotoriknya. Selain dengan pemberian obat cacing, siswa juga disarankan untuk selalu melakukan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) seperti mencuci tangan dengan baik dan benar.

Kegiatan ini juga dilanjutkan dengan penyuluhan sikat gigi untuk siswa level satu, pada penyuluhan ini drg. Emma menjelaskan dan mempraktikkan bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar setelah itu siswa level satu mempraktikannya masing – masing.

Kegiatan penjaringan kesehatan untuk level lima dan level enam dilakukan dengan  pemeriksaan mata melalu test visus dengan menggunakan snellen chart. Jika ditemukan siswa yang tidak jelas membaca angka pada snellen chart maka siswa tersebut akan dirujuk ke dokter spesialis mata untuk ditindak lanjuti.

Semoga dengan kegiatan penjaringan kesehatan yang sudah menjadi program rutinitas Pemerintah ini bisa didukung dan dinikmati manfaatnya bagi anak-anak Indonesia sehingga kesehatan mereka semakin terjaga dan terjamin.