Outbound Level 1

Belajar Mandiri dan Kompak Bersama Alam

Kegiatan outbound adalah aktivitas yang dilakukan di alam untuk belajar dan refreshing guna membentuk perilaku kepemimpinan. Kegiatan outbound memiliki berbagai manfaat yaitu meningkatkan kemampuan mengenal diri dan orang lain, memberi kesempatan siswa untuk berekspresi, berpikir, dan menghargai orang lain, melatih ketahanan mental dan pengendalian diri, menumbuhkan empati, dan lain sebagainya.

Berdasarkan pemikiran di atas, level 1 SDIT Al Haraki bekerjasama dengan tim trainer outbound Pelita Desa melaksanakan kegiatan outbound yang berlokasi di Desa Ciseeng, Bogor, dengan tema “Belajar Mandiri dan Kompak Bersama Alam”. Kegiatan ini dirancang  khusus untuk anak-anak dari usia 5 hingga 16 tahun dengan kearifan lokal sebagai dasar dari program yang dikembangkan. Program ini menitikberatkan pada metode experiential learning yang tidak hanya sekadar mengajak anak-anak untuk mengetahui melainkan merasakan dan mengalaminya secara langsung.

Sebelum memulai kegiatan, siswa terlebih dahulu menikmati sajian welcome drink yang telah disediakan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan outbound berupa permainan ketangkasan dan kekompakan seperti lempar ban, tarik tambang, masuk gua, bakiak, pipa estafet, pipa bocor, memerah susu sapi, minum susu, menanam padi, membajak sawah, meniti jembatan di atas air, dan flying fox.

Selama kegiatan berlangsung, siswa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan riang gembira. Semua siswa pun berhasil menyelesaikan setiap tantangan permainan dengan baik dan berani. Kegiatan diakhiri dengan salat berjemaah di musala, dilanjutkan dengan makan siang bersama. Setelahnya, siswa membawa pulang oleh-oleh berupa ikan.