Kenali Jenis-Jenis Alat Musik dan Cara Memainkannya

Kenali Jenis-Jenis Alat Musik dan Cara Memainkannya

Tahukah teman-teman, Hari Musik Sedunia diperingati setiap tanggal 21 Juni?

Hari Musik Sedunia (World Music Day) merupakan festival musik yang dirayakan setiap tanggal 21 Juni untuk menghormati musisi di seluruh dunia.

Hari Musik Sedunia digagas pertama kali oleh seorang pemusik bernama Joel Cohen asal Amerika yang kemudian ditindaklanjuti oleh Maurice Fleuret sehingga dipatenkan oleh UNESCO.

Siapa yang suka bermain alat musik?

Setiap alat musik memiliki fungsi, karakter serta bunyi yang menjadi ciri khas tersendiri sehingga memberi warna yang berbeda dalam dunia musik. Alat musik dibagi menjadi beberapa kategori, di antaranya berdasarkan fungsi, cara memainkan serta sumber bunyi dari alat musik tersebut. Alat musik berdasarkan fungsinya dibagi menjadi tiga, yaitu alat musik melodis, alat musik harmonis, serta alat musik ritmis.

Alat Musik Melodis

Alat musik melodis adalah alat musik yang menghasilkan nada. Alat musik ini bisa membunyikan melodi dalam lagu secara lengkap. Bunyi yang dihasilkan dalam alat musik melodis ini mengatur nada utama dalam sebuah lagu atau musik.

Berikut jenis-jenis cara memainkan alat musik melodis beserta contohnya;

  • Alat Musik yang Dipetik yaitu gitar, selain gitar, alat musik melodis lain yang dipetik ada ukulele, sasando, kecapi, dan mandolin.
  • Alat Musik yang Ditiup yaitu pianika. Selain pianika, seruling juga termasuk alat musik melodis yang ditiup. Selain itu ada juga flute, terompet, dan saxophone.
  • Alat Musik yang Ditekan yang paling popular adalah piano, ada juga alat musik keyboard, organ, dan akordeon yang juga dimainkan dengan cara ditekan.
  • Alat Musik Getar atau Digoyang yaitu angklung.
  • Alat Musik yang Digesek yang paling popular adalah biola. Biola dimainkan menggunakan alat gesek yang dibuat dari bahan khusus, namanya bow. Adapun alat musik melodis yang digesek lainnya ialah cello.
  • Alat Musik yang Dihisap yaitu harmonika. Harmonika bisa mengeluarkan suara dari tarikan dan embusan udara dari mulut pemainnya.

Alat Musik Harmonis

Alat musik harmonis adalah alat musik yang dimainkan untuk memainkan harmoni pada suatu lagu. Beberapa contoh alat musik harmonis, yaitu;

  • Gitar, ukulele dan guitalele. Ketiga alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik.
  • Selanjutnya gambus, adalah alat musik yang mirip dengan gitar, cara memainkannya dengan cara dipetik dan punya beberapa senar.
  • Piano, adalah alat musik harmonis modern yang juga popular yang dimainkan dengan cara ditekan.
  • Harpa adalah alat musik harmonis yang bisa dimainkan dengan cara dipetik.
  • Sasando adalah alat musik harmonis yang berasal dari NTT, tepatnya dari Rote. Sasando merupakan alat musik dawai yang bisa dimainkan dengan cara dipetik.

Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak memiliki nada. Meski begitu, alat musik ritmis berguna untuk mengatur jalannya irama musik. Alat musik ritmis adalah alat musik yang sering dijadikan pengiring lagu. Contohnya seperti drum dan marakas.