Junior Festival Level 3 SDIT Al Haraki

“Siaga Mandiri, Terampil, dan Cinta Lingkungan”

Tema yang termuat dalam kegiatan Junior Festival bertujuan melatih siswa level 3 untuk terbiasa mandiri, dan terampil melakukan praktik 4R (Replace, Reduce, Reuse, Recycle) sebagai bentuk rasa cinta mereka terhadap lingkungan, dengan mengadaptasi beberapa aspek Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan.

Rangkaian kegiatan Junior Festival dilaksanakan selama tiga hari. Hari pertama dilaksanakan pada Selasa, 15 November 2022 dengan beberapa kegiatan meliputi upacara penuh hikmat, kegiatan Latihan Keterampilan Baris Berbaris (LKBB), kegiatan pengisian Syarat Kecakapan Khusus (SKK), dan materi kepramukaan oleh Yanda Sultoni. Kegiatan hari pertama ini, alhamdulillah berjalan dengan lancar dan mendapatkan antusias yang tinggi dari siswa level 3.

Setelah kegiatan hari pertama, Junior Festival kembali berlanjut di hari kedua yang dilaksanakan pada Rabu, 16 November 2022 melalui keseruan perjalanan fieldtrip ke Godong Ijo. Sesuai tema kegiatan yang dimuat, kegiatan pada lokasi Godong Ijo ini bertajuk pada pengelolaan sampah dengan teknik 4R berupa Learning Eco Enzyme & Sciences Demo, kegiatan membuat handy craft celengan etnik, dan kegiatan handy craft melukis totebag. Tentunya kegiatan-kegiatan tersebut diselingi dengan beberapa kegiatan yang menyenangkan bagi siswa seperti touring mini zoo, memberi makan Giant Tortoise dan ikan, pengenalan hewan-hewan reptil and mamalia, mengunjungi green house dan vertical garden, bermain di mini outbound dan pengenalan permainan tradisional indonesia. Kegiatan hari kedua ini, alhamdulillah berjalan dengan lancar dan mendapatkan kesan positif dari siswa maupun orang tua.

Setelah kegiatan hari kedua, Junior Festival kembali berlanjut di hari ketiga yang dilaksanakan pada Rabu, 07 Desember 2022. Kegiatan ini berupa pelantikan siaga mula untuk siswa yang telah memenuhi syarat pengisian SKU. Kegiatan ini berupa upacara pelantikan Siaga Mula serta penyematan Tanda Kecakapan Umum (TKU) dan Tanda Kecakapan Khusus (TKK). Alhamdulillah sebanyak 59 siswa telah berhasil menyelesaikan pengisian SKU Siaga Mula.

Semoga kegiatan ini dapat memberikan pengalaman yang indah, baik, dan bermakna bagi siswa/i level 3 SDIT Al-Haraki.