Ide Kegiatan Hari Anak Nasional 23 Juli 2021, di Masa Covid-19

Ide Kegiatan Hari Anak Nasional 23 Juli 2021, di Masa Covid-19

Hari Anak Nasional (HAN) Indonesia sesuai dengan keputusan Presiden Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984, diperingati setiap tanggal 23 Juli. Peringatan Hari Anak Nasional memiliki makna untuk tanda kepedulian seluruh bangsa terhadap optimalnya tumbuh kembang anak. Pemerintah juga membuat program untuk mendorong keluarga menjadi lembaga pertama dan utama dalam melindungi anak sehingga dapat melahirkan generasi bangsa yang tidak hanya sehat tetapi juga cerdas dan berakhlak mulia.

Saat ini kita masih dalam masa pandemi covid 19, hal ini mengurangi aktivitas kita diluar rumah. Sesuai anjuran pemerintah stay at home guna mengurangi loncakan angka positif covid 19. Nah dalam rangka Hari Anak Sedunia, ayah bunda bisa melakukan berbagai aktivitas dengan buah hatinya. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan bersama:

  • Memasak Bersama Anak

Ide kegiatan Hari Anak Sedunia pertama adalah memasak makanan kesukaan anak bersama. Tanyakan kepada anak jenis makanan atau cemilan kesukaannya dan ajak masak bersama. Jadi anak tidak hanya tau makanan yang disukainya itu enak tetapi juga tau proses pembuatannya. Anak akan lebih menghargai setiap makanan yang dibuat karena ia mengerti bagaimana sulitnya proses memasak. Memasakan bersama anak menjadi salah satu cara untuk menambah kedekatan antara orangtua dan anak. Ajarkan juga kepada anak nutrisi yang terkandung dalam setiap bahan makanan agar anak bisa sambil belajar. Sesekali berikan anak tugas yang tidak terlalu berbahaya seperti mencuci sayur dan buah atau mencampurkan adonan.

  • Membaca cerita atau dongeng

Kegiatan kedua yaitu membaca cerita atau mendongeng bisa menjadi ide kegiatan Hari Anak Nasional yang bisa dilakukan dirumah. Orangtua bisa membacakan cerita dongeng untuk anaknya dengan buku cerita bergambar dan berwarna. Tidak hanya dongeng, orangtua juga bisa meminta anaknya untuk menceritakan  pengalaman apa saja yang ia dapatkan selama belajar online dan cerita sederhana tentang teman-teman dan gurunya disekolah. Cerita dan dongeng mampu meningkatkan kemampuan anak dalam berimajinasi, dan cerita akan membuat anak lebih menjadi terbuka tentang dirinya terhadap orangtua nya.

  • Berolahraga

Saat sekarang ini dibutuhkan olahraga rutin dan hidup sehat, walaupun dirumah saja. Orangtua bersama anak bisa melakukan kegiatan olahraga bersama seperti pemanasan dan beres-beres rumah, hal yang paling penting adalah bisa membuat anak mau mengerakkan badannya agar tidak bermalas malasan. Tentu olahraga sangat banyak manfaatnya; meningkatkan kesehatan, meningkatkan kecerdasan, meningkatkan sportivitas anak, dan membuat tubuh anak menjadi lebih sehat dan kuat

  • Menata ulang kamar

Menata ulang dan membersihkan kamar bersama bisa menjadi salah satu ide kegiatan Hari Anak Nasional. Ajarkan anak agar bisa menata kamrnya sendri tanpa menunggu oranglain yang membersihkan. Beritahu juga anak bahwa kamar yang berantakan dan kotor bisa menjadi sumber penyakit. Dengarkan desain dan tampilan kamar yang anak inginkan, tata letak barang yang sesuai dengan kemauan anak, sehingga akan membuat anak lebih nyaman belajar dan mengerjakan tugas di kamarnya.

  • Ajak anak membantu orang lain

Ajak anak anak membantu orang lain, tentu tidak perlu keluar rumah. Bisa memberikan makanan kepada tukang pengambil sampah disekitaran rumah, memberikan makanan kepada tetangga yang menjalani isolasi mandiri dan memberikan masker kepada orang yang ditemui dijalan yang belum memakai masker. Hal ini akan menumbuhkan rasa sosial anak dan peka serta empati anak terhadap lingkungan.

Nah itulah beberapa kegiatan Hari Anak Nasional yang bisa dilakukan orangtua bersama anak dirumah. Semoga informasi ini bermanfaat! tetap selalu jaga kesehatan ya, stay safe and stay healty.