Hari Bumi 2021

Hari Bumi 2021

Yuk Jaga Bumi kita dimulai dari cara Sederhana di Rumah

Teman-teman sudah tahu belum? Tanggal 22 April adalah peringatan Hari Bumi. Setiap tanggal tersebut seluruh masyarakat di dunia merayakan Hari Bumi dengan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pelestarian lingkungan.

Nah, teman-teman gimana nih merayakan Hari Bumi nya, dengan kegaiatan apa aja tuh?

Karena berhubung kita masih dalam masa pandemi dan semua kegiatan kita lebih banyak dilakukan dirumah aja, sebagaimana juga dengan anjuran pemerintah agar kita stay at home untuk memutus mata rantai penularan covid 19.

Walaupun kita dirumah aja, ada nih beberapa cara yang bisa teman-teman lakukan untuk merayakan Hari Bumi, diantaranya:

  1. Menjaga Lingkungan

Setiap hari kita harus menjaga lingkungan, cara ini sangat mudah lo dilakukan, dengan cara membersihkan atau memungut sampah yang ada di sekitar kita.

Kemudian, kalau teman-teman mempunyai halaman rumah, bisa dengan menananam tanaman di rumah.

Tanaman berguna untuk memberikan oksigen dan udara bersih untuk manusia. Teman-teman bisa memulainya dengan memelihara tanaman hias atau tanaman-tanaman kecil di pot. Menanam tanaman bisa dilakukan bersama Ayah dan Ibundanya.

  • Kurangi Penggunaan sampah plastik

Kita bisa mengurangi sampah plastik dengan banyak cara teman-teman.

Yang pertama, mengurangi pemakaian plastik sekali pakai. Yaitu dengan membawa sendiri tas kain, tempat minum isi ulang, sampai alat makan dan sedotan stainless, bamboo, atau kaca.

Plastik tidak bisa hancur dengan sendirinya dalam jangka waktu ratusan bahkan ribuan tahun, sehingga, apabila tidak didaur ulang, sampah-sampah ini hanya akan memenuhi tempat sampah atau berujung mengotori laut, dan mengancam kehidupan banyak biota laut.

  • Hemat Energi

Penggunaan listrik selain bisa mengurangi biaya yang harus dibayarkan, juga perlu dilakukan untuk menjaga bumi. Dengan mengurangi penggunaan energi listrik, maka asap beracun yang dihasilkan oleh tempat pengolahan energi listrik bisa berkurang.

Kalau dirumah teman-teman bisa menghemat energi yaitu dengan menggunakan peralatan listrik seperlunya.

Mematikan lampu di siang hari dan mematikan alat elektronik lain saat tidak digunakan.

Bentuk hemat energi lain yang bisa kita lakukan di rumah adalah menghemat penggunaan air.

Oke itulah cara perayaan Hari Bumi yang bisa dilakukan di rumah, yuk ajak teman-teman yang lainnya untuk menjaga Bumi kita dengan melakukan cara sederhana tersebut di rumah.