Haraki Symphony Mengguncang Makara Art Center dengan Keberagaman Budaya dan Seni Siswa SDIT Al Haraki

Haraki Symphony Mengguncang Makara Art Center dengan Keberagaman Budaya dan Seni Siswa SDIT Al Haraki

Depok, 2 Desember 2023 – Sebuah acara monumental, ” Pagelaran Haraki Symphony,” berlangsung meriah di Makara Art Center, Universitas Indonesia. Bertajuk pagelaran seni budaya. Mengusung tema “Cinta Ragam Budaya Indonesia, dalam Rasa dan Cipta” sebagai wujud semangat dalam menyelaraskan keberagaman budaya dalam sebuah pertunjukan pagelaran seni.

Acara Haraki Symphony menjadi wujud nyata dari upaya pengenalan berbagai keberagaman budaya Indonesia yang diintegrasikan dengan profil pelajar Pancasila. Mengangkat seni budaya Indonesia yang ditampilkan dalam beberapa pertunjukan yang terdiri dari : opening dance, contemporary medley dance, angklung, cultural acculturation, nusantara raya ensemble, student & teacher choir, recycled instrument performance, punakawan’s show, solo performance doorprize.

Haraki Symphony bertujuan untuk mengaktualisasikan potensi diri siswa, serta meningkatkan karakter dan kreativitas mereka. Acara ini juga memberikan kesempatan bagi siswa berbakat dan berprestasi untuk mengikuti kegiatan pada event yang lebih tinggi. Dengan antusiasme yang tinggi, siswa – siswi SDIT Al Haraki yang terdiri dari seluruh siswa level 4 menunjukkan partisipasi aktif mereka dalam mengenal dan menghargai kekayaan budaya Indonesia di depan 400 orang hadirin yang datang. Kegiatan ini dihadiri orang tua siswa, bapak ibu guru dan para tamu undangan. selain itu juga terdapat siswa level 5 dan level 3 yang ikut memeriahkan acara.

Terdapat sebuah lagu yang dipersembahkan oleh guru musik Bapak Suwita, S. E. yang berjudul “Haraki Symphoni II”. Lagu ini menggambarkan ajakan kepada para siswa untuk tidak ragu dalam berkarya, tulus dalam bermain musik, jujur dalam berekspresi dan lain sebagainya. Haraki Symphony II bukan sekedar sebuah wadah bagi mereka, tetapi juga sebuah stimulus bagi mereka dalam berekspresi dan berkarya.

Acara Haraki Symphony tidak hanya merayakan keberagaman budaya, tetapi juga menjadi tonggak penting dalam pembentukan karakter dan kreativitas siswa. Dengan semangat pancasila yang menginspirasi, SDIT Al Haraki memberikan kontribusi besar bagi pendidikan Indonesia.

Semoga dengan berlangsungnya pagelaran Haraki Symphony ini, siswa-siswi SDIT Al Haraki khususnya level 4 dan semua pihak pendukung yang terlibat dalam kegiatan, dapat menjadi penyambung dan pemantik agar kita semakin melestarikan budaya, serta menjadi motor yang menggerakkan setiap orang untuk lebih mencintai dan semakin bangga terhadap kearifan lokal budaya Indonesia.

Oleh : Neng Yeni Noviani, S. Pd dan Nuryana S. Pd