Haraki Merdeka 2021

“Semangat Negeriku untuk Meraih Kemerdekaan Sejati di masa Pandemi”

Sekolah Islam terpadu Al Haraki sebagai sekolah yang memiliki karakter berakhlak kokoh dan berjiwa Indonesia. HUT RI ini sudah dilaksanakan beberapa kali di sekolah dengan berbagai macam perlombaan yang menarik. Untuk tahun ini kegiatan Haraki Merdeka dilaksanakan dengan tema “Semangat Negeriku untuk Meraih Kemerdekaan Sejati di masa Pandemi”. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat nasionalisme dan patriotisme serta bentuk apresiasi yayasan, dewan guru serta siswa-siswi terhadap nikmat kemerdekaan NKRI yang ke-76.

Kegiatan peringatan HUT RI diawali dengan pelaksanaan tilawah pagi bersama, serta  literasi di kelas masing-masing didampingi oleh walas dan aswalas. Kemudian dilanjutkan dengan upacara peringatan HUT RI dengan pembina Bapak Hidayat, S.Pd.I selaku kepala sekolah dan peserta upacara yaitu seluruh level 1 s/d 6. Setelah selesai upacara dilanjutkan dengan kegiatan perlombaan di mana setiap perlombaan akan dilaksanakan dalam bentuk kelompok yang ditujukan untuk siswa-siswa, guru-guru serta karyawan SDIT Al-Haraki.

Adapun lomba Membuat  dan menghias makanan dengan tema kemerdekaan, menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini, video deklamasi pancasila yang hanya diikuti oleh siswa kelas 1 dan 2 saja, mereka sudah mulai perlombaan pada pukul 08.15 WIB. Saat upacara berlangsung, walas dan aswalas level 1-2 berada di google meeting kelas untuk seleksi lomba mengupas telur.  Setelah upacara ada kegiatan Wisata Sejarah  secara virtual pada pukul 08.45, pada pukul 09.25 di adakan quizizz tentang PHBN(Peringatan Hari Besar Nasional). Setelah istirahat pada pukul 09.50 dilanjutkan kembali perlombaan berikutnya yaitu memindahkan bawang dengan sumpit untuk level 5-6.

Pada pukul 10.00 pengumuman lomba level 1 -2 lomba videi yel-yel keluarga, menyanyikan lagu nasional dan lomba mewarnai. Pada pukul 10.10 pengumuman juara lomba level 6, selanjutnya pada pukul 10.20 di adakan lomba level 1-2 lomba mengupas telur. Pada pukul 10.30 pengumuman untuk pemenang lomba video yel yel bersama keluarga lomba menyanyi lagu nasional dan lomba video membaca deklamasi sumpah pemuda untuk level 3. Pada pukul 10.40 siswa siswi di ajak bermain tebak nama pahlawan. Pada pukul 10.50 level 3-4 mengikuti perlombaan memasukan benang kedalam jarum. Pukul 11.00 pengumuman lomba untuk level 5 yaitu perlombaan video menyanyikan lagu 17 agustus 1945 bersama keluarga, membaca puisi dan menulis hari tentang hari kemerdekaan. Pukul 11.10 pengumuman lomba level 4 perlombaan video menyanyikan lagu 17 agustus 1945 bersama keluarga, lagu Maju Tak Gentar dan membuat poster. Pada pukul 11.20 ada pengumuman kostum siswa terbaik di zoom. Pada pukul 11.30 siswa bersama-sama melakukan foto bersama.

Setelah seluruh rangkaian kegiatan selesai, siswa langsung diarahkan meninggalkan ruang zoom. Di sini hal yang paling menarik karena siswa dapat memetik pelajaran dari setiap perlombaan walaupun kondisinya dari media zoom, bahkan masih terasa lelahnya mengikuti perlombaan namun hilang dengan keberhasilan yang diraih.

Setelah siswa meninggalkan ruang zoom pada pukul 11.40 WIB setelah sholat dzuhur dan makan siang lalu dilanjutkan pada pukul 13.00 dengan perlombaan guru yaitu cover lagu nasional dan kostum pahlawan . sebelum acara dimulai ada sedikit penyegaran yaitu melakukan senam penyegaran.