Agar Belajar Lebih Menyenangkan di Rumah, Persiapkan 5 Hal Ini Sebelum Belajar, yuk!

Agar Belajar Lebih Menyenangkan di Rumah, Persiapkan 5 Hal Ini Sebelum Belajar, yuk!

Teman-teman pasti sudah tahu mengenai virus corona atau COVID-19 yang masih mewabah di Indonesia.

Karena hal ini, beberapa daerah masih memutuskan meliburkan sekolah dengan mengalihkan pembelajaran melalui daring (online).

Baik sekolah maupun perguruan tinggi menerapkan pembelajaran dari jarak jauh atau secara online. Tugas-tugas diberikan secara online menggunakan beragam aplikasi yang tersedia.

Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran infeksi virus corona di Indonesia agar tidak semakin meluas.

Kali ini kita akan menyimak tips pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang menyenangkan di rumah.

Apa saja yang perlu kita persiapkan, ya?

  1. Sediakan tempat yang nyaman untuk belajar

Belajar di rumah seringkali terganggu oleh berbagai aktivitas lain apabila jika dilakukan di tempat tidur atau ruang keluarga. Belajar di tempat tidur bisa membuat konsentrasi berkurang dan menyebabkan kantuk. Pilihlah tempat duduk untuk belajar. Usahakan tempat duduk yang memiliki sandaran dan busa. Selain itu, sediakan meja yang posisinya tak terlalu rendah dan tinggi dari posisi dudukmu.

  1. Persiapkan alat tulis diperlukan untuk belajar

Dalam belajar, sediakan alat-alat yang pendukung belajar yang mana bisa membuatmu mudah untuk belajar. Jangan sampai alat-alat untuk belajar ini tak kamu perhatikan sehingga bisa mengganggumu saat belajar.

  1. Pastikan jaringan internet bagus

Apabila alat tulis sudah terpenuhi, selanjutnya perhatikan koneksi internet. Koneksi internet yang baik akan memudahkanmu untuk tetap terhubung dengan guru saat belajar dari rumah. Apabila jaringan internet sudah terpenuhi dengan baik maka belajar pun akan lebih fokus dan dapat menyerap materi yang diperoleh dengan maksimal. Bayangkan, apabila tiba-tiba koneksi internet terputus, konsentrasi belajar pasti akan hilang dan panik deh.

  1. Sediakan cemilan

Kegiatan belajar tentunya akan membuat tenaga terkuras. Meskipun secara fisik tak banyak bergerak, tetapi belajar menguras tenaga dan pikiran. Supaya tetap semangat dan tak lelah saat belajar, siapkan cemilan yang bergizi secukupnya untuk membantu otak bekerja secara optimal.

  1. Hindari menunda mengerjakan tugas

Jangan biasakan menunda mengerjakan tugas dari sekolah. Sebab, hal tersebut tidak baik. Gunakan waktu sebaik mungkin. Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menonton televisi dan bermain gadget secara berlebihan.

Nah, itu tadi tips ampuh belajar di rumah yang menyenangkan. Yuk, kita siapkan selama belajar di rumah!