6 Literasi Dasar yang perlu kita ketahui!

6 Literasi Dasar yang perlu kita ketahui!

Teman-teman tahu tidak apa sih literasi itu?

Oke baik, mari kita lihat pengertian Literasi menurut KKBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) literasi memiliki tiga makna, pertama secara sederhana adalah kemampuan  menulis dan membaca. Kedua, literasi bermakna pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu. Ketiga, literasi bermakna kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. Jadi bisa disimpulkan literasi adalah kemampuan seseorang untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah kita mengetahui apa arti Literasi, selanjutnya kita akan membahas 6 Literasi Dasar yang perlu teman-teman ketahui dan pahami , literasi terdiri dari beberapa jenis:

  1. Literasi baca dan tulis adalah kemampuan memahami isi teks tertulis, baik yang tersirat maupun tersurat. Kemampuan ini juga dibutuhkan saat menuangkan gagasan dan ide ke dalam tulisan.
  2. Literasi numerasi adalah kecakapan menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Literasi sains adalah kemampuan untuk memahami fenomena alam dan sosial di sekitar kita. Dengan literasi ini diharapkan kita dapat mengambil keputusan yang tepat secara ilmiah untuk hidup lebih aman dan sehat.
  4. Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Literasi finansial adalah pengetahuan dan kecakapan untuk mengaplikasikan pemahaman tentang konsep, risiko & keterampilan dalam bidang finansial.
  6. Literasi budaya adalah kemampuan dalam memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara, mencakup kemampuan individu dan masyarakat akan keberagaman suku, bahasa, adat istiadat, kepercayaan, dan lain-lain.

Di SDIT Al Haraki ada 4 macam literasi yang menjadi fokus; literasi baca, literasi budaya, literasi teknologi dan literasi keuangan. Untuk menunjang kegiatan literasi agar tetap berjalan maksimal diikuti dengan praktek program kegiatan literasi seperti membaca 15 menit sebelum belajar, mereview buku yang telah dibaca dalam bentuk tulisan dan menceritakan kembali buku yang telah dibaca, siswa mampu mempresentasikan dengan baik mengenai bahan bacaan yang telah dibaca, dan masih banyak lagi program literasi lainnya. Semoga Gerakan Literasi Sekolah (GLS) SDIT Al Haraki berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.

Ayo teman-teman semangat dalam mengembangkan literasinya….

“Penguatan budaya literasi adalah kunci memajukan negeri”_ Lenang Manggala